10 Bahan Alami untuk Merawat Rambut Kering dan Rontok

68 views

Toko Berhadiah – Rambut adalah mahkota setiap orang, karena merupakan salah satu bagian tubuh yang paling diperhatikan. Rambut yang sehat dan lebat sepertinya menjadi idaman banyak orang.

Hal ini dapat terjadi karena rambut dapat menunjang penampilan seseorang. Banyak sekali orang menjadi kurang percaya diri saat rambut mereka kering apalagi jika mengalami kerontokan hingga menimbulkan kebotakan. Hal ini juga sering dialami oleh para wanita yang menggunakan hijab.

10 Bahan Alami untuk Merawat Rambut Kering dan Rontok

Rambut kering dan rontok dapat disebabkan oleh kurangnya perawatan pada rambut atau justru karena salah perawatan. Banyak sekali cara membuat rambut kering dan rontok menjadi lembut dan kuat kembali seperti sedia kala. Seperti perawatan di salon, contohnya.

Namun tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. Maka dari itu, Kamini akan membagikan 10 cara merawat rambut kering dan rontok secara alami:

1. Putih Telur

Putih Telur

Gunakanlah putih telur untuk mengembalikan kelembaban alami rambut, sehingga rambut Anda yang kering dapat kembali sehat berkilau. Selain itu, putih telur juga bermanfaat sebagai penguat akar rambut. Putih telur dapat menguatkan rambut Anda, sehingga rambut Anda berhenti rontok dan terhindar dari kebotakan.

Cara menggunakan putih telur sebagai bahan alami merawat rambut kering dan rontok adalah dengan memisahkan putih dengan kuning telur. Setelah itu, kocok putih telur hingga berbentuk pasta. Lalu balurkan adonan putih telur itu ke kulit kepala hingga rambut secara merata. Diamkan selama 15-20 menit. Setelah putih telur mengering, bilas rambut Anda hingga bersih.

2. Daun Seledri

daun seledri

Daun Seledri selain terkenal sebagai bahan masakan, makanan orang yang sedang diet, bermanfaat juga untuk rambut, loh! Daun seledri mengandung kalsium, vitamin A, B1, B2, B6, dan vitamin C yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut, sehingga sangat bagus diplikasikan sebagai makanan dan sebagai perawatan luar tubuh, salah satunya adalah rambut.

Cara merawat rambut kering dan rontok menggunakan daun seledri adalah dengan menghaluskan daun seledri dengan cara diblender. Setelah daun seledri menjadi halus, campurkan dengan telur ayam, boleh telur ayam biasa tapi lebih bagus lagi menggunakan telur ayam kampung.

Setelah adonan tercampur rata, oleskan ke kulit kepala, akar rambut, dan rambut Anda. Diamkan selama 10-15 menit atau hingga mengering, lalu bilas dan keramas seperti biasa.

3. Bawang Merah

bawang merah

Bawang merah merupakan primadona masakan Indonesia, karena hampir seluruh masakan khas nusantara mengandung bawang merah. Tapi, apakah Anda tahu kalau bawang merah bagus juga untuk memperbaiki rambut yang kering dan rontok?

Bawang merah mengandung belerang yang cukup tinggi dapat melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah lancar, rambut Anda otomatis akan menjadi lebih kuat dan sehat.

Cara merawat rambut kering dan rontok menggunakan bawang merah adalah dengan memarut bawang merah, lalu peras sari-sarinya. Setelah mendapatkan jus sari bawang merah, aplikasikan pada kulit kepala Anda dan diamkan hingga meresap selama sekitar 10 menit. Terakhir, bilas rambut Anda menggunakan air hangat-hangat kuku.

4. Santan

santan

Selain digunakan untuk masakan, ternyata santan dapat digunakan juga sebagai bahan untuk merawat rambut! Santan mengandung vitamin seperti niacin dan folate yang dapat memperlancar sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah Anda lancar, tentu saja kulit dan rambut Anda akan ikut sehat, bukan?

Cara mendapatkan santan adalah parut kelapa yang sudah tua, masukkan ke dalam panci, lalu tuang air secukupnya. Masak larutan air dan kelapa parut hingga mendidih. Setelah itu, saring larutan dan tunggu hingga mendingin.

Setelah larutan santan dingin, Anda dapat menggunakannya pada kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Terakhir, bilas hingga bersih. Santan dapat menguatkan akar rambut sehingga santan merupakan salah satu cara merawat rambut kering dan rontok yang bagus.

5. Teh Hijau

Teh Hijau

Teh Hijau sangat bagus dikonsumsi oleh tubuh, baik dengan cara diminum ataupun dijadikan alat kecantikan dari luar. Teh Hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat sebagai pelindung rambut dari polusi. Teh hijau dapat memberikan efek relaksasi pada kulit kepala dan rambut Anda, sehingga dapat menghilangkan ketombe, rasa gatal, dan mengembalikan kilau alami rambut.

Cara merawat rambut kering dan rontok menggunakan teh hijau sangatlah mudah. Pertama, seduh teh hijau dengan menggunakan air panas, diamkan semalaman. Pada pagi hari, oleskan teh hijau pada kulit kepala Anda sebelum melakukan keramas. Tunggu sebentar hingga teh hijau menyerap ke dalam kulit, barulah Anda keramas seperti biasa.

6. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal dengan sejuta manfaatnya. Salah satu kegunaannya yang paling terkenal adalah dapat digunakan untuk merawat dan menyuburkan rambut. Cara merawat rambut kering dan rontok menggunakan lidah buaya adalah dengan mengupas lidah buaya, singkirkan kulitnya, lalu oleskan daging lidah buaya pada kulit kepala.

7. Jahe

rebusan jahe

Jahe bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga rambut Anda dapat terhindar dari kerontokan. Cara memanfaatkan jahe untuk merawat rambut kering dan rontok adalah dengan dibuat minyak.

Parut jahe secukupnya, lalu tambahkan minyak wijen. Aduk adonan tersebut hingga tercampur rata. Setelah itu, balurkan minyak jahe ke kulit kepala Anda, tunggu hingga meresap. Setelah kira-kira 10 menit, Anda dapat membilas minyak jahe dan keramas seperti biasa.

8. Alpukat

buah alpukat

Buah alpukat yang sangat lezat ini ternyata bermanfaat juga untuk merawat rambut kering dan rontok! Cara menggunakannya pun simpel sekali. Anda hanya perlu menghancurkan separuh buah alpukat, atau satu buah, tergantung betapa lebat rambut Anda. Hancurkan hingga lembut dan menyerupai pasta. Anda dapat menghancurkan alpukat menggunakan sendok ataupun menggunakan blender.

Jika adonan alpukat sudah sangat lembut, balurkan pada kulit kepala hingga dan ke seluruh permukaan rambut Anda. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

9. Minyak Lavender

cara merawat rambut kering dan rontok

Selain baunya yang sangat harum, minyak lavender dapat membantu Anda mengatasi rambut kering dan rontok. Selain itu, minyak lavender dapat merangsang pertumbuhan rambut agar menjadi lebih cepat. Cara menggunakannya adalah tuangkan minyak lavender secukupnya pada tangan, lalu balurkan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat.

Anda dapat membuat minyak lavender sendiri di rumah. Caranya adalah dengan masukkan bunga lavender ke dalam botol kecil, lalu rendam dengan minyak sayur (yang tidak memiliki aroma) selama 2 hari. Jangan lupa kocok botol selama 1 hari sekali. Setelah dua hari, saring minyak dan peras bunga lavender secara halus agar Anda mendapatkan minyak sebanyak-banyaknya.

10. Minyak Zaitun, Tomat, Lidah Buaya

Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Kutil

Cara merawat rambut kering dan rontok yang terakhir merupakan gabungan dari beberapa bahan alami, yaitu minyak zaitun, tomat, dan lidah buaya.

Di atas telah dibahas manfaat lidah buaya untuk rambut Anda, bukan? Nah, selain menggunakan lidah buaya dengan cara dioleskan langsung ke kulit kepala, Anda juga dapat mencampurkannya dengan minyak zaitun dan tomat agar lebih banyak lagi manfaat yang terserap untuk rambut Anda.

Cara membuat ramuan ini cukup mudah. Pertama-tama, hancurkan satu buah tomat. Lalu tambahkan satu sendok makan minyak zaitun dan daging lidah buaya yang telah dihancurkan. Campurkan bahan-bahan tersebut lalu balurkan pada kulit kepala Anda. Tunggu 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

Itulah 10 cara merawat rambut kering dan rontok. Bahan-bahannya sangat mudah didapat, bukan? Anda tahu cara lainnya untuk mengembalikan kelembaban alami rambut dan menghentikan kerontokan rambut? Share di kolom komentar, ya.

fashion fashion adalah fashion artinya fashion hijab fashion king fashion korea fashion pria fashion wanita fashionable produk rambut Rambut Rontok rambut rusak

Penulis: 
    author
    No related post!

    Tinggalkan pesan